Transfer File To Server

A. Pengertian
Memindahkan file ke server melalui perintah terminal  .

B. Latar belakang 
Sebelumnya saya ingin membuat script untuk website akan tetapi saya kesulitan membuatnya langsung diserver dan saya berfikir bagaimana bila saya memindahkan file yang saya buat dilaptop ke server melalui perintah terminal.

C. Tujuan
Untuk memindahkan file kita kedalam server melalui perintah terminal.

D. Alat dan bahan
Server yang sudah terinstall lamp dan proftpd
Jaringan
Laptop
file script ataupun video

E. Jangka waktu pelaksanaan
10 menit

F. Tahap Pelaksanaan
(TAHAP 1)
Saat ini saya akan memindahkan file scrip template portal yang sudah di zip didirekori /home/zeedge
Perintah untuk memindahkannya # scp namafile nama@ipserver:letak folder
lalu masukkan password dan file dikirim "seharusnya ada error hak akses" tanti dibahas di tahap kedua dibawah
Kita lihat diserver didirektori /var/www/html maka ada file portal.tar.gz yang tadi dikirim
ektrak file tersebut dengan perintah #tar -xzf portal.tar.gz
owh sebelunya harusnya kita bemberikan hak akses terlebih dahulu dengan chmod dan chown untuk script
 kita test buka portal dan script template portal saya langsung terpasang

(Tahap 2)
Kita coba memindahkan file video ke ftp
folder tujuan yaitu /home/zeedge/Video dan sebelumnya yang tadi tidak saya cantumkan yaitu chmod bila belum memberikan hak akses maka akanterjadi permasalahan seperti dibawa ini
"Permission denied" untuk mengatasinya yaitu berikan hak akses dari server dengan #chmod -R 755 /home/zeedge/Video
dan kita coba kirim lagi maka video berhasil dikirim karena sudah diberikan hak akses
kita buka di server
video sudah ada di direktori yang dituju
dan kita buka lewat ftp://zeedge.zg videopun sudah ada di ftp

G. Kesimpulan
Pertanyaan saya sudah terjawab yaitu memindahkan file dengan terminal dan harus diberikan hak akses dari server yang dituju, ini mempermudah agar tidak melakukan pembuatan script langsung dari server tetapi bisa dibuat dilaptop terlebih dahulu dan lalu dipindahkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konfigurasi VLAN dengan PPPoE pada Mikrotik (Client)

Konfigurasi Wireless Bridging Mikrotik (Station Bridge)

PPPoE melalui Wireless di Mikrotik (Client)