Remote server dengan ssh



A. Pengertian
SSH (Secure Shell) sebuah protokol jaringan kriptografi untuk komunikasi data yang aman, login antarmuka baris perintah, perintah eksekusi jarak jauh, dan layanan jaringan lainnya antara dua jaringan komputer. Ini terkoneksi, melalui saluran aman atau melalui jaringan tidak aman, server dan klien menjalankan server SSH dan SSH program klien secara masing-masing. Protokol spesifikasi membedakan antara dua versi utama yang disebut sebagai SSH-1 dan SSH-2.

Aplikasi yang paling terkenal dari protokol ini adalah untuk akses ke akun shell pada sistem operasi mirip Unix, tetapi juga dapat digunakan dengan cara yang sama untuk akun pada Windows. Ia dirancang sebagai pengganti Telnet dan protokol remote shell lainnya yang tidak aman seperti rsh Berkeley dan protokol rexec, yang mengirim informasi, terutama kata sandi, dalam bentuk teks, membuat mereka rentan terhadap intersepsi dan penyingkapan menggunakan penganalisa paket. Enkripsi yang digunakan oleh SSH dimaksudkan untuk memberikan kerahasiaan dan integritas data melalui jaringan yang tidak aman, seperti Internet.

B. Latar belakang
Sangat merepotkan bila kita harus pergi keruang server untuk melakukan pengecekan maka dengan adanya ssh kita bisa melakukan konfigurasi jarak jauh.


C. Tujuan
Melakukan konfigurasi jarak jauh dengan remote ssh.

D. Alat dan Bahan
Server
Jaringan
laptop untuk remote

E. Jangka waktu pelaksanaan
2 menit

F. Tahap Pelaksanaan
Pada server yang belum terinstall ssh install terlebih dahulu dengan perintah #apt-get install openssh-server
Lalu dari laptop remote server dengan perintah
ssh hostname@ipaddresskita sudah masuk pada server atau meremote server yang tadi sudah diinstall ssh.

G. Kesimpulan
Dengan konfigurasi yang sederhana kita bisa melakukan hal yang luarbiasa seperti konfigurasi diatas hanya dengan ssh kita dapat melakukan konfigurasi server yang jaraknya jauh bahkan sangat jauh, dan ini dapat diterapkan pada dunia kerja semisalkan kita tidak dapat hadir diruang server maka kita bisa melakukan remote dan tentunya dengan peningkataan keamanan yang lebih lagi.

H. Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/SSH 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konfigurasi VLAN dengan PPPoE pada Mikrotik (Client)

Konfigurasi Wireless Bridging Mikrotik (Station Bridge)

PPPoE melalui Wireless di Mikrotik (Client)