Konfigurasi VLAN dengan PPPoE pada Mikrotik (Client)

A. Pengertian
Point-to-Point Protocol (PPP) adalah data link protokol yang umum digunakan dalam membangun hubungan langsung antara dua node jaringan. Hal ini dapat menyediakan koneksi otentikasi, transmisi enkripsi (menggunakan ECP, RFC 1968), dan kompresi.
PPP digunakan di banyak jenis jaringan fisik termasuk kabel serial, saluran telepon, trunk line, telepon seluler, jaringan radio khusus, dan serat optik seperti SONET. PPP juga digunakan melalui koneksi Akses Internet (sekarang dipasarkan sebagai "broadband"). Penyedia layanan Internet (ISP) telah menggunakan PPP untuk pelanggan dial-up akses ke Internet, karena paket IP tidak dapat dikirimkan melalui jalur modem sendiri, tanpa beberapa protokol data link. Dua turunan dari PPP, Point-to-Point Protocol over Ethernet (PPPoE) dan Point-to-Point Protocol atas ATM (PPPoA), paling sering digunakan oleh Internet Service Provider (ISP) untuk membangun a Digital Subscriber Line (DSL) koneksi internet layanan dengan pelanggan.

Virtual LAN atau disingkat VLAN merupakan sekelompok perangkat pada satu LAN atau lebih yang dikonfigurasikan (menggunakan perangkat lunak pengelolaan) sehingga dapat berkomunikasi seperti halnya bila perangkat tersebut terhubung ke jalur yang sama, padahal sebenarnya perangkat tersebut berada pada sejumlah segmen LAN yang berbeda. Vlan dibuat dengan menggunakan jaringan pihak ke tiga. VLAN merupakan sebuah bagian kecil jaringan IP yang terpisah secara logik. VLAN memungkinkan beberapa jaringan IP dan jaringan-jaringan kecil (subnet) berada dalam jaringan switched switched yang sama. Agar computer bisa berkomunikasi pada VLAN yang sama, setiap computer harus memiliki sebuah alamat IP dan Subnet Mask yang sesuai dengan VLAN tersebut. Switch harus dikonfigurasi dengan VLAN dan setiap port dalam VLAN harus didaftarkan ke VLAN. Sebuah port switch yang telah dikonfigurasi dengan sebuah VLAN tunggal disebut sebagai access port.
Sebuah VLAN memungkinkan seorang Administrator untuk menciptakan sekelompok peralatan yang secara logic dihubungkan satu sama lain. Dengan VLAN, kita dapat membagi jaringan switch secara logik berdasarkan fungsi, departemen atau project team .

B. Latar belakang
Keinginan untuk memadukan virtual lan dengan dial up PPPoE pada sebuah jaringan.

C. Tujuan
Menghubungkan routerboard kedalam jaringan dengan media vlan dan dial up PPPoE.

D. Alat dan bahan
Dua Routerboard Mikrotik
Kabel UTP
Laptop

E. Waktu yang diperlukan
16 menit

F. Tahap pelaksanaan
Untuk menghubungkan pada jaringan maka terlebih dahulu hubungkan fisik kedalam jaringan tersebut
lalu kita buat Vlan ID yang sama dengan server yaitu 1600
dan kita masuk ke PPP lalu buat PPPoE client dengan interface vlan
dan masukan user dan password yang dibuat di server
bila username dan password benar maka akan secara otomatis mendapatkan IP yang telah ditentukan.

G. Kesimpulan
Kita dapat membuat PPPoE bukan hanya pada media fisik, PPPoE juga bisa dibuat di media vlan dan yang saya buat ini berhasil membuktikan bahwa itu bisa dilakukan.

H. Referensi
www.mikrotik.co.id
id.wikipedia.org

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konfigurasi Wireless Bridging Mikrotik (Station Bridge)

PPPoE melalui Wireless di Mikrotik (Client)