PPPoE melalui Wireless di Mikrotik (Server)

A. Pengertian
PPPoE (Point to Point Protocol over Ethernet) protokol memberikan manfaat manajemen pengguna, manajemen jaringan dan akuntansi yang luas untuk ISP dan administrator jaringan. Saat PPPoE digunakan terutama oleh ISP untuk mengontrol koneksi klien untuk xDSL dan modem kabel serta jaringan Ethernet biasa. PPPoE merupakan perpanjangan dari Point standar untuk Point Protocol (PPP).

B. Latar belakang
Timbul keinginan saya ingin membuat wireless saya lebih terkunci.

C. Tujuan
Menggabungkan tunnel pppoe dengan media wireless.

D. Alat dan bahan
Mikrotik wireless
Laptop

E. Waktu yang diperlukan
9 menit

F. Tahap pelaksanaan
Pada kasus ini saya menggunakan virtual ap untuk masternya
lalu kita membuat pppoe dengan membuat ppp secret
buat username dan password, juga pilih service pppoe, masukkan buat local address dan buat remote address.
lalu pada pppoe service masukkan interface wlan dan saya menggunakan virtual ap saya memilih wlan2.

G. Kesimpulan
kita bisa menggunakan pppoe pada media nirkabel.

H. Referensi
www.mikrotik.co.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konfigurasi VLAN dengan PPPoE pada Mikrotik (Client)

Konfigurasi Wireless Bridging Mikrotik (Station Bridge)

PPPoE melalui Wireless di Mikrotik (Client)